Duet Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil: Kekuatan Elektoral di Pulau Jawa

 

Ganjar Pranowo (Kiri) dan Ridwan Kamil (Kanan)
Ganjar Pranowo Kiri dan Ridwan Kamil Kanan (kolase tribunnews)

INDToday.ID, Jakarta - Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, potensi elektoral yang dapat diperoleh oleh bakal calon presiden Ganjar Pranowo jika berduet dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjadi sorotan. Pengamat politik dan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, memprediksi bahwa duet Ganjar-Kamil memiliki peluang besar untuk mendominasi suara di Pulau Jawa, yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Adi menyatakan bahwa dalam hal popularitas dan elektabilitas, Ridwan Kamil memiliki dukungan yang kuat. Bahkan, dalam simulasi survei, pasangan Ganjar dan Ridwan Kamil ini dianggap sebagai pasangan yang sangat baik. Jika duet ini terwujud, mereka berpotensi menguasai kekuatan politik di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Ketiga provinsi tersebut memiliki pengaruh yang signifikan dengan jumlah pemilih hampir mencapai 40 persen. Pulau Jawa dianggap sebagai kunci dalam perebutan suara pada Pilpres.

Namun, Adi juga mencatat adanya masalah potensial dalam duet ini. Pasalnya, Partai Golkar berencana untuk mengusung Airlangga Hartarto sebagai bakal calon presiden, bukan Ridwan Kamil. Airlangga telah ditetapkan sebagai calon presiden dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) beberapa tahun yang lalu. Oleh karena itu, sulit membayangkan jika Golkar akan memajukan Ridwan Kamil sebagai calon presiden, karena Airlangga merupakan figur yang ditetapkan sebagai calon.

Pemilihan presiden akan melibatkan lebih dari 204 juta pemilih pada tahun 2024, terdiri dari 102 juta pemilih laki-laki dan 102 juta pemilih perempuan, serta 1,1 juta pemilih difabel. Dalam pemilihan tersebut, lima provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten. Jumlah pemilih di Pulau Jawa menyumbang lebih dari separuh dari total pemilih nasional. Oleh karena itu, menguasai suara pemilih di Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadi kunci dalam meraih kemenangan pada Pilpres.

Ridwan Kamil, yang dikenal sebagai gubernur Jawa Barat, memiliki popularitas yang tinggi di wilayah tersebut. Selain itu, ia juga populer di kalangan milenial karena gaya kepemimpinannya yang kreatif dan inovatif. Dalam pemilu 2024, generasi milenial akan menjadi pemilih terbanyak, dengan persentase mencapai 33,6 persen dari daftar pemilih tetap (DPT).

Survei dari Lembaga Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Ridwan Kamil dan Erick Thohir adalah pasangan calon wakil presiden terkuat dalam simulasi 22 nama calon presiden. 

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama