Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Menunggu Perbaikan Berkas Aldi Taher sebagai Bacaleg Ganda

Selebritas Aldi Taher terdaftar sebagai bacaleg dari dua partai berbeda di KPU untuk Pemilu 2024. (Tangkapan layar instagram @alditaher.official)
Selebritas Aldi Taher terdaftar sebagai bacaleg dari dua partai berbeda di KPU untuk Pemilu 2024. (Tangkapan layar instagram @alditaher.official)

INDToday.ID, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta (KPUD DKI Jakarta) tengah menunggu perbaikan berkas Aldi Taher, yang telah mendaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg). Aldi Taher sebelumnya menjadi bacaleg ganda di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dan DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia). Menurut pernyataan Doddy Wijaya, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD DKI Jakarta, KPUD masih belum menerima proses perbaikan hingga saat ini.

"Kami tunggu sampai tanggal 26 ini," ungkapnya seperti yang dilansir oleh Antara.

Selama proses verifikasi berlangsung, KPUD DKI Jakarta tidak menerima perbaikan dari perorangan bacaleg. Sebaliknya, perbaikan berkas harus disampaikan oleh masing-masing partai politik (parpol) yang mengusung bacaleg tersebut. Setelah itu, perbaikan berkas akan diproses setelah periode pemberian berkas pada tanggal 26 Juni hingga 9 Juli.

Pada Pemilu 2024 mendatang, Partai Bulan Bintang (PBB) telah mengajukan Aldi Taher, seorang selebriti, dan promotor tinju Asmara Roni sebagai bacaleg untuk bersaing memperebutkan kursi di DPRD DKI Jakarta.

Saeful, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB DKI Jakarta, mengungkapkan bahwa Aldi Taher adalah salah satu dari beberapa nama yang diusulkan oleh PBB untuk bersaing di DPRD DKI Jakarta. Namun, status bacaleg Aldi Taher dari PBB telah dicoret.

Terdapat kabar bahwa Aldi Taher juga mendaftar sebagai calon legislatif (caleg) di DPR RI melalui Partai Perindo.

Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo, mengungkapkan bahwa Vicky Prasetyo, Yusuf Mansur, dan Aldi Taher telah didaftarkan sebagai bacaleg. Selain itu, tampak pula pesulap Limbad yang hadir mendampingi sampai ke KPUD.

Hary Tanoesoedibjo juga menyebutkan beberapa nama lain yang ikut menjadi bacaleg, seperti presenter dan artis Aiman Wicaksono yang cukup vokal di televisi, Vicky Prasetyo, Vena Melinda, serta tokoh-tokoh milenial yang banyak berpartisipasi. Salah satunya adalah chef Arnold yang turut mencalonkan diri. 

"Mudah-mudahan nanti bisa mengajarkan ibu-ibu masak," ujar Hary Tanoesoedibjo dalam konferensi pers di KPUD Jakarta Pusat pada Minggu (14/5/2023).

Saat ini, KPUD DKI Jakarta masih menunggu perbaikan berkas Aldi Taher dan berkas bacaleg lainnya sebelum melanjutkan proses verifikasi lebih lanjut. Keputusan akhir mengenai keikutsertaan Aldi Taher sebagai bacaleg di DPRD DKI Jakarta dan DPR RI akan ditentukan setelah proses verifikasi berkas selesai dilakukan.

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama