Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Hadiri Pertemuan dengan Pangeran Muhammad bin Salman di Arab Saudi

Foto: Ganjar Pranowo di acara pertemuan bersama Pangeran MBS di Arab Saudi. (istimewa)
Foto: Ganjar Pranowo di acara pertemuan bersama Pangeran MBS di Arab Saudi. (istimewa)


INDToday.ID, Nasional - Gubernur Jawa Tengah dan bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, menghadiri sebuah pertemuan dengan Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) saat berada di Arab Saudi dalam rangka pelaksanaan ibadah haji. Ganjar bergabung dengan acara tersebut bersama Ketua DPR, Puan Maharani, dan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan.

Dalam sebuah foto yang diterima oleh INDToday.ID, terlihat Ganjar mengenakan kemeja putih dan berpeci hitam di pertemuan tersebut. Ia duduk di antara tamu-tamu lainnya yang berasal dari kalangan pejabat Arab Saudi.

Seorang relawan Ganjar menyatakan bahwa momen tersebut terjadi saat Ganjar menghadiri pertemuan yang diinisiasi oleh Pangeran MBS. Ia menjelaskan bahwa acara tersebut dihadiri oleh para pejabat kerajaan Arab Saudi, kepala pemerintahan, tokoh agama, dan figur publik yang diundang sebagai tamu VIP dalam haji tahun 2023.

"Ya, itu adalah undangan untuk pertemuan yang diinisiasi oleh Pangeran MBS. Pertemuan tersebut dihadiri oleh tamu-tamu seperti para pejabat kerajaan Arab Saudi, kepala pemerintahan, tokoh agama, dan figur publik yang merupakan undangan khusus dalam ibadah haji tahun 2023," ungkap Kris Tjantra, Pelaksana Tugas Ketua Umum Kornas Ganjarist, saat dihubungi pada Sabtu (1/7/2023).

Kris menyatakan bahwa Puan duduk di barisan depan bersama Pangeran MBS dalam acara tersebut. Sementara itu, Ganjar duduk di barisan yang berbeda.

"Misalnya, kita dapat melihat bahwa Mbak Puan duduk di barisan depan bersama Pangeran MBS. Dan ada juga Pak Anies, dan Pak Ganjar juga hadir," jelasnya.

Mengenai unggahan Anies yang menunjukkan foto sedang berjabat tangan dengan Pangeran MBS, Kris mengaku tidak mengetahui secara pasti apakah Ganjar juga melakukan hal serupa. Namun, dia yakin bahwa Ganjar juga mengikuti kesempatan tersebut.

"Saya kurang tahu persis, tapi saya rasa itu berlaku untuk semuanya. Karena mereka yang hadir, mereka semua bersalaman dengan Pangeran, tanpa memilih-milih. Tetapi kita bisa melihat bahwa tujuan utama Ganjar Pranowo dalam perjalanan ini adalah untuk menjalankan rukun Islam kelima. Jadi tidak ada kaitan dengan urusan politik," ujarnya.

Lebih lanjut, Kris menegaskan bahwa tidak ada pembicaraan penting tentang politik yang terjadi antara Ganjar, Puan, dan Anies selama mereka menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Menurutnya, mereka hanya bertemu untuk berbincang mengenai kegiatan di sana.

"Tidak ada pembicaraan penting yang terjadi, mereka hanya berbincang-bincang tentang kegiatan di sana. Dan kita bisa melihat bahwa ini adalah saat-saat politik, jadi siapapun akan mencoba membesar-besarkan ketika ada foto menarik seperti saat mereka bertemu di acara makan," jelasnya.

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama