Indonesia Dipilih sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 oleh FIFA

Trofi Piala Dunia U-17 bakal diperebutkan 24 negara di Indonesia. (AFP/MARWAN NAAMANI)
Trofi Piala Dunia U-17 bakal diperebutkan 24 negara di Indonesia. (AFP/MARWAN NAAMANI)


INDToday.ID, Bola - Kabar mengejutkan datang pada hari Jumat, 23 Juni 2023, ketika FIFA memutuskan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, menggantikan Peru. Keputusan ini diambil setelah sidang FIFA di Zurich, Swiss, akhir pekan sebelumnya. Selain itu, FIFA juga menetapkan penyelenggara untuk beberapa turnamen lainnya.

Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2025 yang akan diikuti oleh 32 klub. Republik Dominika akan menyelenggarakan Piala Dunia Putri U-17 2024, sementara Kolombia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Putri U-20 2024. Sedangkan Piala Dunia Futsal 2024 akan berlangsung di Uzbekistan.

Keputusan FIFA untuk memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 cukup mengejutkan, mengingat pembatalan status tuan rumah Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023 beberapa bulan sebelumnya. FIFA saat itu memilih Argentina sebagai pengganti Indonesia karena "situasi saat ini". Pencabutan tersebut diduga karena penolakan beberapa kepala daerah di Indonesia terhadap kehadiran Israel sebagai salah satu peserta. FIFA menilai penolakan tersebut bertentangan dengan komitmen Indonesia sebelumnya untuk menerima semua kontestan.

Keputusan FIFA ini menimbulkan kekhawatiran di Indonesia, khawatir akan pengucilan sepak bola Indonesia dari dunia internasional. Namun, kekhawatiran tersebut ternyata tidak terbukti. FIFA hanya memberlakukan sanksi administrasi dengan membekukan dana dari program bernama FIFA Forward 3.0. Jumlahnya diperkirakan mencapai 5,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 83 miliar.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merasa bersyukur atas keputusan tersebut. Ia mengungkapkan rasa syukurnya karena FIFA Council telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 melalui keputusan bersama yang diambil dalam sidang di Markas FIFA, Zurich, Swiss.

Erick Thohir menyatakan, "Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan alhamdulillah, karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo."

Meskipun belum menerima pemberitahuan resmi, Erick Thohir menyambut baik pengumuman tersebut. Ia mengatakan bahwa yang terpenting saat ini adalah bagaimana Indonesia dapat mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik.

Mengingat pengalaman Indonesia dalam menggelar turnamen sepak bola global beberapa bulan yang lalu, FIFA tetap memilih Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember mendatang. FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah karena ketidaksiapan infrastruktur. Indonesia dianggap tidak akan mengalami masalah serupa karena persiapan Piala Dunia U-20 2023 sudah memasuki tahap akhir.

Indonesia telah menyiapkan enam stadion untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Si Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Manahan, dan Gelora Sriwijaya. Renovasi stadion-stadion tersebut telah diarahkan langsung oleh FIFA untuk memenuhi standar internasional.

FIFA belum mengumumkan apakah stadion-stadion tersebut akan digunakan kembali untuk Piala Dunia U-17 2023. Namun, Erick Thohir yakin dengan kemampuan Indonesia dalam menggelar turnamen ini. Pemerintah Indonesia telah melakukan perbaikan total demi menjaga keselamatan dan kenyamanan penonton setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 yang menewaskan 135 orang. Sebanyak 22 stadion telah direnovasi.

Erick Thohir menjelaskan bahwa FIFA akan mengirim tim untuk memeriksa lapangan secara khusus. Standar yang diterapkan pada Piala Dunia U-17 mungkin berbeda dengan Piala Dunia U-20.

Piala Dunia U-17 2023 kemungkinan besar akan disambut baik oleh masyarakat Indonesia, mengingat tidak ada Israel sebagai peserta. Semua peserta telah diketahui setelah Piala Asia U-17 2023 menyelesaikan perempat final pada Senin, 26 Juni 2023. Uzbekistan dan Jepang berhasil lolos dan bergabung dengan Korea Selatan dan sebagai peserta Piala Dunia U-17 2023.

Berikut adalah daftar lengkap peserta Piala Dunia U-17 2023:

  • Tuan Rumah: Indonesia
  • Asia: Uzbekistan, Korea Selatan, Jepang, Iran
  • Afrika: Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal
  • Amerika Utara: Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat
  • Amerika Selatan: Argentina, Brasil, Ekuador, Venezuela
  • Oseania: Kaledonia Baru, Selandia Baru
  • Eropa: Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol
Selain persiapan sebagai penyelenggara, Indonesia juga menghadapi tantangan penting dalam pembentukan tim nasional. PSSI berharap agar timnas tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga berusaha meraih hasil yang maksimal.


Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat hadir dalam sesi jumpa pers di Menara Danareksa, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023) sore. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat hadir dalam sesi jumpa pers di Menara Danareksa, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023) sore. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)


Erick Thohir menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih kepala timnas. PSSI berencana melakukan kurasi di sembilan kota di Indonesia untuk mencari pemain terbaik. Setelah itu, timnas akan menjalani pemusatan latihan di luar negeri.

"Kita juga harus mempersiapkan tim nasional secara serius. Jadi kita akan melakukan rencana seleksi di sembilan wilayah untuk kita bisa petakan, kita gabungkan. Kemudian, pada bulan Juli-Agustus, kami akan memulai pemusatan latihan, dan pada bulan September-Oktober, kami akan mengirim mereka ke luar negeri untuk mengikuti training camp," ujar Erick Thohir.

PSSI berharap dapat mengadakan beberapa pertandingan persahabatan dengan negara-negara dari Eropa, Asia, dan Afrika sebagai bagian dari persiapan timnas U-17. Hal ini bertujuan agar para pemain tidak terkejut saat berkompetisi di kejuaraan dunia.

Meskipun begitu, Erick Thohir belum mau membicarakan target timnas Indonesia dalam turnamen tersebut. Pasalnya, PSSI masih belum memiliki daftar nama pemain.

"Mengenai prestasi timnas, saya tidak ingin membuat target saat ini karena belum ada persiapan sama sekali dan waktunya sangat terbatas, hanya empat bulan. Saya tahu bahwa mempersiapkan tim nasional bukanlah hal yang mudah," ungkap Erick Thohir.

"Jadi jika ditanya apa targetnya saat ini, saya tidak dapat menjawab sebelum duduk bersama staf pelatih. Kami perlu duduk terlebih dahulu, membahas tentang pemain, pelatih, dan bagaimana program latihannya," tambahnya.

Dengan keputusan FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Indonesia memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam menggelar turnamen sepak bola internasional. Persiapan yang matang, renovasi stadion yang dilakukan, dan pembentukan tim nasional yang baik diharapkan dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi Indonesia dan meningkatkan daya saing sepak bola Indonesia di tingkat dunia.

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama