Presiden Jokowi Resmikan Bandara Ewer: Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian Asmat

 

Foto: Presiden Jokowi Resmikan Terminal Bandara Ewer, Asmat, 6 Juli 2023. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)
Foto: Presiden Jokowi Resmikan Terminal Bandara Ewer, Asmat, 6 Juli 2023. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

INDToday.ID, PAPUA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meresmikan Terminal Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua, pada Kamis (6/7/2023). Peresmian ini akan memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat setempat. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa bandara ini akan memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat. Ia menganggap konektivitas antar kabupaten, provinsi, dan pulau sangat penting untuk mempercepat mobilitas orang dan barang, membuka isolasi, dan mempercepat distribusi logistik.

Diharapkan nantinya terdapat dua penerbangan dari Timika, empat penerbangan dari Kamur, dan empat penerbangan dari Merauke menuju Asmat. Selain itu, keberadaan bandara ini juga diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Asmat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa bandara ini sudah memadai untuk didarati oleh pesawat ATR. Sebelumnya, penumpang pesawat di Bandara Ewer sudah cukup banyak setiap harinya, baik yang akan pergi ke Timika maupun ke Merauke.

Bandara Ewer pertama kali dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat dan kemudian dikembangkan oleh Pemerintah Pusat. Antara tahun 2014-2018, dilakukan pengembangan bandara dengan perpanjangan landasan pacu oleh Pemda Asmat menjadi 1.650 meter. Selain itu, juga dilakukan rekonstruksi landasan pacu, konstruksi apron, dan pembangunan gedung terminal.

Pada tahun 2019, bandara terus dikembangkan untuk mempermudah akses dan meningkatkan fasilitas. Pada tahun 2023, dilakukan penyempurnaan gedung terminal dengan desain minimalis yang mengadopsi nuansa budaya Asmat. Tidak hanya ornamen yang bernuansa Asmat, tetapi juga fungsi dan karakteristik bangunan disesuaikan dengan budaya dan kondisi lingkungan Asmat. Pengembangan bandara Ewer masih terus dilakukan, termasuk pembangunan drainase dan tanggul penahan banjir.

Bandara Ewer memiliki landasan pacu dengan panjang 1.650 meter dan lebar 30 meter, dapat dilalui pesawat ATR 72-600 untuk penumpang dan kargo. Selain itu, terdapat apron seluas 70 meter x 90 meter, taxiway seluas 86 meter x 15 meter, dan terminal bandara seluas 488 meter persegi, yang lebih besar dari terminal lama yang hanya seluas 120 meter

Saat ini melayani tiga rute penerbangan, diantaranya Kamur-Ewer PP, Timika-Ewer PP, dan Merauke-Ewer PP, yang dilayani 3 (tiga) maskapai yaitu Wings Air, Trigana Air dan Smart Aviation. Tercatat, tren penumpang juga terus meningkat, dari 12.185 penumpang pada 2020, naik menjadi 21.603 penumpang pada 2021 dan 27.772 penumpang pada 2022.


Posting Komentar

Tambahkan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama